DAFTAR ISI

Tips - Tips & Bisnis Yang Gex Jalani

Gex Sebenarnya seorang pebisnis awam, tapi tidak ada salahnya jika gex berbagi pengalaman yang pernah gex alami dan gex ketahui. bisnis yang gex tekuni bukan sejenis MLM ataupun Bisnis Online.
Bisnis Merupakan Pekerjaan yang paling baik sepanjang abad, dimana kita sebagai seorang pencari nafkah mendapatkan penghasilan tanpa menunggu upah/Gajih. Gex Sebagai Orang Awam Hanya Membagi bisnis dalam 2 jenis
  • Bisnis Sendiri (Usaha)
  • Bisnis Investasi
Bisnis Sendiri (Usaha).
Bagi kalian yang suka berbisnis dan ingin membuka usaha, ada beberapa Syarat yang perlu kalian ketahui. 
  • Kemauan dan tekat yang kuat(KEYAKINAN). ini merupakan syart utama dalam berbisnis. Anda harus percaya dan yakin bahwa bisnis merupakan jalan terbaik anda untuk mencari nafkah. setelah itu harus percaya bahwa kalian mampu. Satu hal yang perlu di ingat, jangan terlalu berharap (mengharapkan hasil) karena dibalik harapan pasti ada kekecewaan(kata om bob sadino)
  • Modal Awal. Modal merupakan Hal  terpenting berikutnya yang harus disiapkan. Gex tidak setuju sekali jika dikatakan bahwa modal bukan hal utama dalam berbisnis. apalagi ada yang mengatakan "Bisnis Tanpa Modal", itu sangat mustahil. yang perlu di ingat adalah sesuaikan Modal dengan Bisnis yang Ingin kalian tekuni,  Jujur gex Mengawali bisnis sendiri dengan Modal 2.5 jt.(hasil jual laptop pemberian orang tua)
  • Pemilihan Bisnis. Gex berani mengambil keputusan berbisnis gara - gara nonton ceramah di tv. Seorang narasumber mengatakan  " Bisnismu = Hobimu". Cara memilih bisnis  yang cocok untuk kalian jalani adalah cari tau apa yang menjadi hobi kalian. Jika kalian sendiri masih bingung dengan hobi kalian??? cara mengetahui hobi kalian adalah cari tau hal apa yang bisa membuat kalian lupa makan, lupa mandi, lupa tidur, bahkan lupa sama pasangan hidup, heheh...... pasti ngerti kan maksud gex?? ok lanjut.
  • Pengambilan tindakan. Sebagian besar orang di indonesia, khususnya kaum muda.  hanya memiliki kemauan dan angan - angan, tapi tidak mau bertindak...., mengawali bisnis sama dengan mencari pasangan. apa jadinya jika kalian suka sama seseorang tapi selalu takut untuk mengungkapkannya??? semua pasti setuju sama gex bahwa penyesalan sangat menyakitkan. Apalagi penyesalan  karena. tidak berani mengambil tindakan.
  • Peluang atau Kesempatan. Sambil memikirkan tindakan, tidak ada salahnya kalian isi dengan memperhatikan sekeliling kalian untuk melihat peluang yang ada sesuai bisnis yang kalian buka nanti.
Jika ke 5 hal tersebut sudah terpenuhi, barulah kita mulai berbisnis ria...  Sebenarnya bisnis/usaha apapun, tak selalu menuntut kemampuan kita, contohnya :
Kamu hobi makan atau masak, maka bukalah usaha yang merhubungan dengan hal itu, buka rumah/warung makan. Jika kalian hobi makan tapi gak bisa masak, gak usah kawatir...  tetap buka warung makan dan cari orang - orang  yang bisa masak yang bisa diajak kerja sama atau bisa dijadikan kariawan.
Begitu juga dengan  hobi yang lain.
Contoh kecilnya adalah aku, Aku suka banget berinternet, online, dan baca - baca artikel. maka modal awal hasil penjualan laptop bekas yang hanya 2,5 jt, aku gunakan buat buka warnet. kalian pasti heran dan bertanya tanya, kok bisa...??? tentu bisa. saat itu aku menemui sebuah warnet yang cukup sekarat dan hampir gulung tikar. aku memutuskan menandatangani kontrak dengan biaya 2 juta perbulan dibayar dimuka selama 1,5 tahun, padahal aku gak mengerti masalah jringan warnet, apalagi memperbaiki komputer. tapi aku punya beberapa teman yang mengerti tentang itu. al hasil, aku bisa online seharian tanpa mengeluarkan biaya, dan yang paling penting aku dapat penghasilan dan memberikan lapangan pekerjaan bagi temanku.
Coba bayangkan rasanya pertama kali memberikan amplop berisi uang buat gajih kariawan. wah, serasa menjadi seorang boss besar... heheheheh. 
Ayo ayo.... masa kalah sama gex yang masih belia....???
Dunia bisnis Menurut gex bukan sampe disitu, berikut ini jenis bisnis yang ke 2

Bisnis Investasi
Bisnis ini merupakan bisnis bagi kalian yang punya modal tapi gak mau bersusah payah, resikonya bisnis ini kecil dan hampir tidak ada jika kita tau caranya... jaman sekarang mana ada pengusaha yang tidak butuh modal. bagi kalian yang tidak mau pusing pusing mikirin membuka usaha bisa ambil bisnis ini. 
Ini sama halnya dengan mendepositokan uang di bank... tapi mungkin bunga yang diberikan bank terlalu kecil bagi kita. jadi cari yang hampirsama dengan itu. misalnya, kerjasama dengan usahawan lain, membuka rumah kontrakan, menjadi anggota di koprasi atau lembaga keuangan lain, dan lain sebagainya. satu hal yang tidak gex saranin adalah menjadi tukang kredit ilegal.
lanjut pada cerita gex yang diatas. selama gex membuka usaha, uang hasil warnet selalu gex tabungin di sebuah koprasi,  al hasil gex di tawarin menjadi anggota di koprasi tersebut. tapi gex kurang tertarik, soalnya kita bisa menikmati hasilnya hanya setahun sekali... (gex kan orangnya gak sabaran banget).  dan gex diajak join buka usaha usaha lain sama temen temen gex... 
Setelah berjalan 1 tahun lebih, sekarang gex cukup mapan untuk membiayai diri sendiri, bahkan motor yang gex pake sekarang merupakan hasil kerja keras gex.... seru kan cerita gex?? dan akan lebih seru lagi kalo kalian sendiri yang mengalami. 
Terimakasih yang sebesar besarnya gex  ucapkan kepada ayah gex yang selalu dukung dan ngajarin gex.... love u ayah....

Semua bisnis diatas akan terasa susah jika kita belum mengerti, makanya jangan berhenti belajar.
Gex Masih punya banyak cerita dan pengalaman dalam hal bisnis, entah dari diri sendiri maupun dari ayah, di tunggu ya kawand.....

Masih banyak loh yang mau gex Informasikan, tapi gex udah capek ngetik, jadi ilmu yang lain gex tulis next time aja ya....  ini dia yang belum gex berikan.

  • Bagaimana cara mengembangkan usaha,..?
  • Bagaimana cara mengatur keuangan...?
  • Bagaimana cara mencari kepercayaan..?
  • Dan lain lain
Silahkan titipkan bertanyaan melalui 3 pilihan kotak komentar....makasi

2Blog Comments
Tweets
Komentar Facebook

2 komentar:

  1. salut banget aku sama tekat dan keyakinan gex kesuksesan memenang wajip singgah di diri Ani,semua cerita dan motifasi ANI GEX bisa mebuat HIDUP KU lebih HIDUP LAGI.......!

    BalasHapus
  2. sukur lah kk, semoga kk bisa tmbah semangat dan sukses.... secepatnya akan gex tulis cara mengatur keuangan versi Gex ani, pasti tak kabarin dah buat kk...... ditunggu ya....?

    BalasHapus

tinggalkan komentar anda, jangan lupa tinggalkan link blog, facebook atau yang lain ya??? supaya kita bisa terus berbagi...
salam blogger